Tips Liburan Smart ala BundaNayLa

We have some traveling tips to share here. Since the content is (we think!) only suitable for Indonesian people, so we will present it in Bahasa Indonesia (As the nederlandse said; sorry hoor!!! hahaha…)

Sejauh yang kami berdua tau, liburan org Indonesia ke luar negeri melibatkan [hanya] 2 hal saja; kamera foto/video, dan tempat yg ada tulisan khas negara tersebut (entah tulisan nama tempat, ato tulisan ngasal entah apa artinya yg penting pake bahasa/huruf negara tsb).
Malah ada pula cara liburan yang tempat tujuannya melulu adalah pusat perbelanjaan. Selain hanya menghabiskan uang, liburan seperti ini hanya membuang-buang waktu karena kita jadi tidak punya cukup waktu untuk mengunjungi tempat2 yang menjadi ciri khas (trademark) atau tempat2 bersejarah dari negara tersebut. Dan pada akhirnya, liburan kita ga berhasil memperkaya wawasan tentang negara yg kita tuju tersebut.

Berdasarkan pengalaman pribadi kami dan/atau teman2, berikut ini tips jalan2 liburan dari kami yang mudah2an bisa jadi bahan referensi bagi teman2 yang akan mengadakan perjalanan liburan ke luar negeri.

1. Kenali tempat tujuan sebelum ke tempat tujuan.
Sekarang begitu banyak buku2 traveling yang beredar di pasaran. Buku2 tersebut membantu banget ngasih informasi, ato bahkan ide ‘how to getting around’ di kota tsb. Pada akhirnya kita bisa save duit karena kita ga perlu lagi nyewa guide, ato ikutan guided trip yg ga perlu, ato malah berkali2 tersesat ato salah naik trem/metro.
Dengan membaca buku tsb, kita juga jadi punya ide tempat2 berpamor dunia yang menarik untuk dikunjungi.

2. Buat itinerary yang sesuai dengan durasi liburan.
Tidak semua bisa dilihat dalam kunjungan sehari ato dua. Karena itu, buatlah smart itinerary. Tidak perlu semua tempat dikunjungi. Prioritaskan tempat2 yang jadi pembicaraan bertaraf dunia. Jangan gunakan sepanjang hari untuk jalan2. Pada akhirnya keadaan tubuh akan membuat kita capek dan kurang menikmati perjalanan liburan. Siapkan waktu untuk istirahat siang sejenak di hotel. Selain bagus buat tubuh, bagus juga buat kantong. Dan kita jadi punya cukup waktu juga utk menikmati hotel yang sudah kita bayar mahal hehehe :D

3. Lakukan smart-spending
Jaman sekarang dimana segala sesuatu hanya sejauh tuts keyboard komputer, semuanya bisa diatur secara smart, termasuk dalam hal pengeluaran. There’s a lot of cheap things offered in the internet. Sejauh itu memungkinkan (dlm hal ini kota asal dan kota tujuan), pergunakan jasa internet utk mencari harga tiket yang murah; ada ryanair.com utk kawasan eropa, cheapflight.com utk kawasan amerika, dan pasti ada juga website setara demikian utk perjalanan ke- atau antar- asia.
Demikian juga dengan hotel. Jangan pernah (!!!) book hotel on the spot. Bookingan yg jauh hari sebelumnya jauh lebih murah. Apalagi bila via internet. Setidaknya pengalaman kami, book hotel via internet bisa membantu menghemat uang hampir setengah dari rate asli. Kami menggunakan jasa booking.com untuk perjalanan2 liburan kami.
Bila anda ingin shopping, lakukan smart shopping: belilah [hanya] souvenir2 negara tujuan yang bisa menjadi cenderamata atau kenang2an perjalanan anda. Ingat, negara kita punya shopping center seperti MangDu, ITC, dll, yang memiliki koleksi pakaian, tas, dan sepatu yang modelnya tidak kalah, dan dengan harga yang amat jauh lebih murah. Kalaupun anda berencana untuk membeli barang bermerek yang asli (bukan KW1 atau apapun itu istilah2  mangdu), dijamin koleksi Plaza Senayan, Citos, dll, tetap lebih murah harganya dibanding di negara yang lain.
Do some smart-spending !!!

4. Buat alokasi dana sesuai dengan anggaran
Sisihkan dana untuk pos2 pengeluaran yang pasti akan terjadi; transportasi, makan, hiburan, shopping souvenir, hotel, dll. Lalu siapkan budget utk pengeluaran2 tak terduga, seperti lapar mata belanja (huhuuyy!), transport taksi krn kaki udah besepir hahahaha, beli train tiket yg baru krn telat bangun (sounds familiar??? hahahaa), dll. Berusaha untuk stick to the available budget !!!

5.  Manjakan dirimu ^___^
Walaupun harus smart-spending, jangan juga terlalu pelit sama diri sendiri. Jangan sampe saking ngiritnya, soal makan pun dibawa gaya mahasiswa; cari fastfood yang murah meriah di pinggir jalan. Ga apa2 sih, hanya berhubung ini adalah liburan anda setelah sekian lama bekerja [lumayan] keras, manjakan lah diri anda dengan sesekali makan di restoran yang gaya. Biar hidup terasa [agak] berkelas hehehe…
Sekedar inspirasi, gaya makan kami selama liburan adalah begini; pagi free breakfast di hotel, siangnya nyari quick lunch/makanan murah pinggir jalan, dan malamnya ke restoran bagus ato resto yg terkenal di kota tsb. Dengan makan di resto yg bagus, yg kadang nuntut kita musti dandan/berpakaian formal, membuat liburan kita makin punya warna. Tentu saja anda tidak harus setiap malam demikian. Anda bisa juga merencanakan dinner special tersebut pada malam terakhir liburan, sebagai beautiful closure dari seluruh rangkaian perjalanan anda.

6. Traveling vs Photo-hunting ^____^
Remember the purpose of being there…. Kalau sedang liburan, berlakulah seperti sedang liburan.
Menerabas bbrp kota dalam sehari atau dua hari, bukanlah liburan ideal kami. Mengunjungi satu kota hanya utk membuat foto, lalu segera melaju ke kota yg lain, itu bukan liburan namanya, tapi hunting foto ;). Liburan itu seyogyanya menghabiskan waktu mengistirahatkan pikiran, meninggalkan segala rutinitas dan kepenatan aktifitas, dan menenggelamkan diri dalam suasana relaksasi dgn pola ‘menikmati hidup’, sambil menikmati suasana sekitar, agar ketika kembali ke rutinitas, tubuh dan jiwa memperoleh kesegaran yg baru setelah di-recharged selama liburan…
Berpindah-pindah dari train satu ke train yg lain, atau nginjek gas dari kota yg satu ke kota yg lain, utk jangka waktu yg singkat, bener2 sangat melelahkan. Ngebayangin aja aku udah ngos2an duluan hehe… Kasian bgt kan klo liburan bukannya badan jadi seger eh malah tambah capek krn msti ‘kejar tayang’ dpt foto di 10 kota *misalnyaa!* dlm sekali liburan/kunjungan….
Liburan ke suatu kota, artinya bukan hanya melulu berfoto disana, tapi jg menikmati kehidupan ala kota tsb. Salah satu yg paling kami nikmati ketika berkunjung ke suatu tempat yg baru adl menikmati gastronomy daerah itu, mengunjungi supermarket lokal, dan mengintip pasar/open market (bila memungkinkan harinya) disana.
Krn si abang senang bgt sama beer, maka salah satu kegiatan yg tdk pernah lepas dari liburan kami adalah nongkrong di cafe sambil menikmati bir lokal di kota/daerah tsb.
Cobalah A nikmati ke’khas’an daerah/kota tempat kalian berlibur. Jgn hanya melulu foto2. Toh setelah foto di upload di fb, apalagi yg tersisa selain kelelahan…????
…dan point terakhir yang tidak begitu penting namun sangat dianjurkan…;
7. DRESS UP !!
Jika sedang bepergian atau plesiran, berdandanlah !! Dress up with your best/neat clothes.
Maksudnya begini, aku pernah baca di salah satu artikel (maaf lupa dimana), bahwa kemanapun kita pergi, kita adalah DUTA BESAR bagi negara kita.
Karena alasan itu, maka dimanapun kita berada, berdandanlah… Tunjukkanlah citra yang baik sebagai ‘duta besar’ Indonesia. Jangan udah traveling dengan budget ‘seadanya’, cara berpakaian kita pun ‘minimalis’… Wah jangan protes kalo dunia ‘gemar’ memandang Indonesia sebagai negara miskin… ;)
Jangan merasa enggan untuk berdandan cantik/ganteng.. Selain berdandan menambah rasa percaya diri, dan membantu memberi negara kita pencitraan yang baik, dengan berdandan juga berarti kita siap dan bersemangat untuk menikmati hari… Tapi tentu saja diatas semua dandanan, ‘pakailah’ senyum terbaik anda… Remember, you’re never fully dressed without a smile ^_______^
Well…. segitu dulu tips jalan2 liburan dari kami. Mudah2an membantu persiapan liburan kalian, ya….
Kalo ada yg ga setuju dgn kami, yaa ga apa2… Org ini liburan a la kami koq… heheheee….
Anw, enjoy your days, temans….. Semoga liburan kalian menyenangkan…. ^_____^
Happy traveling yaaa !!!!
(diposting ulang dari blog bunda yang lama: profidensia.webs.com)
Advertisements

3 Comments Add yours

  1. betul banget. nomor 7 kurang berani pakai pakain yang over. biasa saja dan tidak berlebihan. takutnya orang ngincar kita. padahal kita gak punya apa2. :D.
    tapi yang shopping2 tadi gak jauh dari orang indonesia BGT. seperti pernah baca di salah satu blog #lupa nama blognya# , disitu di sebutkan ketika trip ke Paris sangat kaget orang parisnya. mengapa tidak, saat itu dia cari hostel , setau orang paris sana yang dekat menara E, kalo orang indonesia itu rajin Shopping bukan rajin cari hostel. #padahal si orang tadi gak tau kalo yg shopping ibu2 pejabat Indonesia, yang memiliki tabungan yang entah sumbernya darimana .gak semua sihh #

    1. PatriCia says:

      Iya bener… Berdandan bukan berarti hrs overly dressed with over-decorated jewelry hehehee… Yg penting rapi dan neat. Jgn kayak gembel. Kita beri pencitraan yg baik bagi bangsa kita di mata org luar…
      Duh…Org2 Indo (yg kaya) pada belanja yg mahal2 di Eropa, pdhl org Eropa sendiri demen banget blnja yg diskonan… Ironis ya… hehehehee….

      1. hahahaha… tapi kan saya noted ibu Pejabat. realnya memang seperti itu. balik lagi entah darimana uang2nya :D. #opss…. hanya menduga menduga saja#. mungkin saja mereka tujuh turunan dari bangsawa kerajaan indonesia dulu :D. bukan gitu kak? . hahaha

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s