Nijmeegse Vierdaagse 2012

Vierdaagse atau 4daagse, secara harafiah artinya 4 hari, jadi Nijmeegse Vierdaagse adalah suatu event selama 4 hari dimana pesertanya marching (apa ya bhs Indo nya ‘marching‘??hehe) melewati rute yg telah ditentukan panitia. Event ini telah berlangsung sejak tahun 1909, dan menjadi event tahunan kota Nijmegen, dan merupakan salah satu event terbesar di negri Belanda. Bahkan Wikipedia mencatat bahwa Vierdaagse dianggap sebagai event marching terbesar di dunia.

Pesertanya sendiri dikelompokkan dalam 2 kategori; civilian (penduduk sipil) dan tentara militer, dengan jarak tempuh jalan yg dibagi dalam 3 pilihan; 30km, 40km, dan 50km.

Menurut orang Belanda, hari terakhir memiliki rute tempuh yang paling sulit. Mereka menyebutnya zeven heuvelen weg.

Jika anda penduduk sipil yg memilih 30km jalan, maka setiap hari selama 4 hari anda harus berjalan sejauh 30km. Pada akhir perjalanan, di hari ke-empat, setiap peserta akan mendapat medali, yang dinamakan Vierdaagsekruis. Tidak ada pemenang dalam event ini. Karena semua peserta dianggap adalah pemenang. Dan semua memperoleh medali sesuai dengan jarak tempuh yg mereka selesaikan.

Sepanjang minggu selama event Vierdaagse berlangsung, pusat kota Nijmegen dipenuhi dengan tenda2 pesta. Sepertinya inilah waktunya penduduk Nijmegen untuk have fun go mad .. :D Pesta pora penuh dansa, musik, dan bir ini dinamakan Vierdaagsefeesten. Konon katanya ini termasuk juga the biggest festivities in the Netherlands, perayaan terbesar di Belanda.

Biasanya Vierdaagse ini ditutup dengan pesta kembang api di Waalkade. Namun untuk tahun ini sepertinya ditiadakan, karena kawasan Waalkade sedang dalam pembangunan jembatan baru.

4daagse 2012 in Wijchen

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s