Sinterklaas Intocht 2012

Menurut buku tentang serba serbi tinggal di Belanda, Sinterklaas merupakan selebrasi terbesar di Belanda, diikuti oleh Natal di urutan kedua.

Sinterklaas Intocht merupakan tradisi masyarakat Belanda menyambut kedatangan Sinterklaas, yang konon katanya “datang dari Spanyol”. Tradisi penyambutan ini sudah ada sejak tahun 1888, dan kemudian dirayakan secara besar-besaran dengan penayangan TV live reporting mulai tahun 1952. Tapi untuk digarisbawahi, Sinterklaas Intocht ini hanyalah acara penyambutan Sinterklaas dan Piet hitam. Itu makanya pelaksanaannya di bulan November, bukan Desember. Event Intocht ini juga sekaligus menandai bahwa Sinterklaas dan Piet sudah resmi bisa wara-wiri di tanah Belanda.

Tanggal 5 Desember nanti barulah disebut hari Sinterklaas, ato beken dengan nama Pakjesavond atau Sinterklaasavond.

Acara Sinterklaas Intocht ini sungguh meriah dan dibuat selayaknya sebuah seremoni penyambutan yang resmi. Burgemeester bahkan turun tangan langsung menyambut kedatangan Sinterklaas dan crew, sekaligus memberi sambutan selamat datang *iihhh mau-maunya yaa pak walikota dikerjain awak tivi wkwkwkwkwkwkkkk*

Setiap tahun Sinterklaas Intocht diselenggarakan di kota yang berbeda-beda. Menurut perasaan saya sih, hanya di kota-kota yang memiliki sungai atau kanal. Hal ini karena ‘skenario’nya, Sinterklaas datang menggunakan stoomboat (steam boat). Makanya seru banget kemarin, pas denger suara steam kapal dari kejauhan, semua penonton langsung pada teriak heboh… Saya yakin intocht ga akan serame ini klo Sinterklaas datang pake KLM (atau apalah namanya maskapai dari Spanyol) wkwkwkwkkk…. Apalagi makin deket kapalnya, makin keras suara steamnya, dan makin heboh pula teriakan kita…hahahhaa… Dari anak kecil sampai ‘anak’ gede, semuanya super excited… Whatever our age is, kids will be kids ^______^

Setelah tiba, Sinterklaas dan zwartepieten diarak keliling pusat kota. Kadang Sinterklaas jalan kaki, kadang naik kuda, mungkin tergantung mood dia (ato mood pengarah acara hehehehee…). Arak-arakan keliling centrum berakhir di podium besar, dimana dari podium itu Sinterklaas akan memberi lambaiannya kepada seluruh pengunjung disitu, seperti lambaian Paus dari jendelanya, atau lambaian Ratu Inggris dari balkonnya wkwkwkwkwkkk….

Konon sih sempat ada wacana untuk menghapus tradisi ini karena dinilai sangat diskriminatif, dimana Sint nya berkulit putih dan para pembantunya berkulit hitam legam… Tapi untunglah tidak… We still need this kinda imaginary figur to keep on dreaming and be excited, don’t you think??

Saya berharap banget, Intocht tahun depan diselenggarakan di Nijmegen kota tercinta wkwkwkwkwkkkk…. *finger-crossing*

Sinterklaas Intocht 2012 - RoermondSinterklaas Intocht 2012 - RoermondSinterklaas Intocht 2012 - Roermond

Until then…

Much Love,

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s