Kerstmarkt Koln, Jerman

Sabtu kemarin cuaca cerah buaaangeett… Bayangin aja sampe 10 graden padahal lagi winter… Udah gitu matahari bersinar terang seterang-terangnya… Wiihhh seneng banget deh…. Kami lalu memutuskan untuk menikmati hari yang cerah ini dengan jalan-jalan ke kerstmarkt di Koln.

Dari mulai akhir November (saya lupa tanggal persisnya) hingga 1 Januari, di Eropa paling terkenal dengan yang namanya kerstmarkten atau pasar natal. Tapi dari sekian banyak pasar natal yang bertebaran di Eropa, bisa dibilang pasar natal di Jerman adalah juaranya. Teman kami sampai bilang bahwa secakep-cakepnya pasar natal di Valkenburg (Belanda), masih tetap ga ada apa-apanya dibanding pasar natal di negara spesialist pasar natal; Jerman. Tradisi natal yang kental dipaket kombi sama tradisi makan enak, membuat pasar natal Jerman sangat digemari banyak orang, bukan hanya warga Jerman tapi juga orang-orang dari negara sekitar. Di salah satu situs traveling disebutkan bahwa pasar natal Koln termasuk yang terbaik di Eropa, bersanding dengan pasar natal di Berlin, Vienna, Praha, Barcelona, dan beberapa kota lagi saya lupa.

Kami kenal kerstmarkt Koln tahun lalu dan langsung jatuh cinta. Sejak itu kami bertekad setiap Desember kami kudu banget ngunjungin kerstmarkten di kota ini.

Pada dasarnya kota Koln sendiri merupakan kota yang asik untuk dikunjungi. Apalagi ditambah dengan pasar natalnya. Bayangkan saja, hanya di Koln lah anda bisa menikmati tujuh pasar natal dalam satu kota. Makanya menikmati pasar natal Koln tidak cukup hanya sehari. Tahun lalu kami stay one night di sebuah hotel dekat pusat kota, supaya bisa optimal menikmati pasar natal. Toh, waktu kami hanya cukup untuk menikmati dua tempat kerstmarkten…

Tahun ini target kami ngunjungin pasar natal yang belum kami kunjungi, yaitu pasar natal bergaya Medieval (Medieval Christmas Market) dan pasar natal yang bertempat di boat (Floating Christmas Market). Sayangnya, tahun ini kedua pasar natal tersebut tidak diadakan, entah karena alasan apa:(

Saya baca di situs resmi mereka, tahun ini terdapat 6 pasar natal di Koln. Berarti disamping dua lokasi yang di-eliminasi, ada satu lokasi pasar natal yang bertambah dibandingkan tahun kemarin. Saya ga tau apa itu. Silahkan search sendiri kalo berminat hehehee….. :p

Kami menikmati jajan sore di Stadtgarten kerstmarkt, salah satu kerstmarkten di Koln yang berskala kecil. Walau kecil tapi atmosfirnya sangat christmas-y. Di pojokan, tersedia tempat buat duduk-duduk menikmati jajanan-jajanan yang dijual. Tempatnya cozy dengan sayup-sayup terdengar lagu-lagu natal all-time classics .. Dari sana kami ke kerstmarkt di Kolner dom untuk ketemu teman. Bersama teman, kami ngider-ngider di kerstmarkt Dom lalu capcus ke kerstmarkt Altstadt.

Dari tahun lalu hingga kemarin kami ngunjungin Koln, saya dan ayah sangat sepakat bahwa kami paling suka kerstmarkt yang di Altstadt ini. Tapi pendapat saya sifatnya sementara, secara saya masih penasaran sama Medieval kerstmarkt. Mudah-mudahan tahun depan dia buka lagi *fingercrossed*

Di Kolner Dom, lagi nunggu teman kami yang susah dapat parkiran, kami ketemu booth jualan kacang. Beberapa waktu ini saya lagi penasaran banget sama kacang panggang berbalur karamel (roasted peanuts with caramel coated) gara-gara seorang teman di gereja. Tapi sayangnya kacang tersebut oleh-oleh temannya dari Inggris. Ceritanya dulu sempat kacang tersebut available juga di Belanda. Tapi ga bertahan lama perusahaannya tutup karena ga laku… Duuuhhhh orang Belanda ini ngegemesin banget eeuuuyyy… Kacang enak begitu ga demen.. Dasar lidah katrok…. ckkckckckckkk…..

Lanjut cerita, saya ya seperti biasa, kalap kalo ketemu sesuatu yang udah lama saya cari… Ga tanggung-tanggung hampir semua varian saya beli, mulai dari pistachio, cashew, almond, hingga macademia, dari yang dibalur hanya karamel, hingga yang balurannya karamel mix cinnamon, semua saya beli. Kecuali tentu saja varian kacang tanah hahahahaa….

Seperti biasa kalo saya lagi kalap, udah beli buat makan ditempat, masih beli juga buat dibawa pulang… Nah, bagian bawa pulang ini yang saya rada nyesel. Ternyata belinya kedikitan. Duuhhhh ada yang mau ke Koln ga ya??? Saya nitip dooooonnnnggggggg…… *desperado*

Pasar natal di Neumarkt juga cakep banget. Namanya Markt der Engel. Paling cantik kalo pas malam.. Di pucuk-pucuk pohon, bergelantungan lampu-lampu berbentuk bintang… Aduuhh…saya bingung euy menggambarkannya dengan kata-kata… Pokoknya cakep banget deh…. Dan mohon maaf, saya ga punya fotonya. Tahun ini saya ga berminat ngejar foto pemandangan. Saya lagi tertarik sama foto-foto krucil. Makanya kemarin saya ga bawa lensa standar tapi malah bawa lensa 50mm… Yahhh..namanya juga mau motoin krucil… (ps: foto krucil di-upload di photog blog yaa.. mungkin juga di fb. tapi liat nanti deh hehe…)

Anyway, mungkin saya ga punya bukti nyata (baca: foto-foto) kecantikan kerstmarkt Koln, tapi trust me (if you will!!hehehe), kerstmarkten di Koln itu super duper deh…. Apalagi ada 6 kerstmarkten… Can it be any better?? ;)

Kami masih berencana ke dua tempat lagi (bukan di Koln laaahhhh… masa sih balik sana lagi?? hehe). Maklum kami sekeluarga banci banget: krucil banci kerstboom, ayah banci makanan enak (dan gluhwein), saya banci segala sesuatu yang berhubungan dengan christmas… Klop kan????

Nanti pasti saya bagi-bagi cerita ke kersmarkt mana kami pergi…. Stay tune yaaa ^_____^

Until then….

Much Love,

Advertisements

5 Comments Add yours

  1. kayka says:

    emang asyik ya pasar natal. yang gak nahanin lautan manusianya gak bisa brenti lama-lama, yang dibelakangnya itu lho spy jalan terus 🙂

    salam
    /kayka

    1. Iya bener Kayka…. yang ga nahan tuh lautan manusianya… tapi tetep ga kapok2 kesana hahahhaaa….

      met tahun baru yaa, btw…

      Patricia

  2. boxofpages says:

    Hi, Patricia!! Salam kenal ya, saya baru bgt di wordpress hehe. I like your blog & your pics. Silakan mampir to my humble new cyber home ya 😀 http://boxofpages.wordpress.com

    Btw, kalo gk salah inget, Weihnachtsmarkt alias Pasar Natal memang asalnya dari Jerman, Patricia 🙂
    Tapi karena tinggal disini bertahun2 rasanya biasa banget haha, senang bgt sih setiap kali orang2 pasang kiosk mereka sehari sblm Advent pertama, it feels officialy like Christmas!!

    Udah pernah ke Nürnberg belum? Disana Wehnachtsmarkt-nya terkenal bgt sampe2 bus2 rombongan dari Austria, Swiss dan negara2 Eropa Timur pun khusus dateng kesitu.

    – E

    1. Halow boxofpages…. Salam kenal juga… Maaf sekian lama saya istirahat buka wp hehe… Selamat bergabung di dunia blogging….
      Kami belum sempat ke Nurnberg tuh… Kalo Tuhan berkenan sih tahun ini rencananya mau nyobain pasar natal di Praha… Thx anw buat infonya, for sure Nurnberg will be on our christmas markets list….

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s