EKO-Haus der Japanischen Kultur, Dusseldorf

Kota Dusseldorf di Jerman bisa jadi merupakan ‘ibukota’ Jepang di Eropa. Bukan saja karena Dusseldorf tampaknya adalah pusat kulinari Jepang di Eropa (baca disini ceritanya), tapi juga karena di kota ini terdapat dua taman yang sangat ‘Japonaise’ yaitu Japanese Garden, dan EKO-Haus der Japanischen Kultur.

EKO-Haus der Japanischen Kultur merupakan pusat kebudayaan Jepang di Dusseldorf. Disinilah tempatnya segala perayaan keagamaan dan perayaan-perayaan besar Jepang lainnya diselenggarakan.

Walau terbilang kecil, tapi kompleks ini sungguh merepresentasikan Jepang secara utuh. Di sisi depan berhadapan dengan pintu masuk, terdapat sebuah taman kanak-kanak untuk anak-anak Jepang. Berdampingan dengan taman kanak tersebut, terdapat juga sebuah perpustakaan kecil. Saya asumsi isi perpustakaan tersebut adalah melulu literatur tentang Jepang dan historis nya.

Ketika masuk ke dalam kawasan ini, kita langsung disambut dengan taman asri khas Jepang. Kalau tidak ada bendera Jerman berkibar disana, kita bakal lupa fakta bahwasanya kita sedang berada di Jerman hehe… Bangunan utama dari taman ini adalah sebuah kuil yang cukup besar ukurannya, bernama kuil EKO. Kemungkinan kuil ini dibuka hanya jika ada perayaan-perayaan keagamaan saja, karena saya tidak menemukan informasi jam buka kuil ini. Tapi mungkin juga saya salah. Saya update informasinya jika saya berkunjung kesana lain waktu.

Di bagian samping kuil EKO, terdapat sebuah bangunan khas Jepang yang dinamakan Japanese house. Dari informasi yang saya dapat, rumah Jepang ini terbuka untuk umum. Sayangnya kami tak sempat melongok ke dalam….

20130323_163503

20130323_163532

20130323_163722

20130323_164256

20130323_164400

[deBagpacker]

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s