Giethoorn, Venezia-nya Belanda

Selama ini, Belanda selalu identik dengan Amsterdam, Rotterdam, bahkan Volendam. Padahal kecantikan negeri tulip ini bukan hanya terletak pada kota-kota itu saja. Selain kota kuno Maastricht, kota kanal Delft, dan desa windmolen Zaanse Schans dan Kinderdijk, masih ada beberapa kota kecil yang cantik, unik, dan sangat Dutchy. Salah satunya, Giethoorn…

Terhitung sekitar kurang lebih dua jam untuk sampai di Giethoorn dari tempat saya tinggal, di bagian timur Belanda. Kurang lebih butuh durasi yang sama, jika anda start dari Amsterdam.

Gambaran secara umum, Giethoorn merupakan desa yang dikelilingi oleh air, sehingga di-claim penduduk lokal sebagai Venezia-nya negeri Belanda.

giethoorn2-wm

Berkeliling kota Giethoorn sangat simpel. Anda tidak perlu mobil, tapi yang pasti, anda perlu perahu :). Merupakan keunikan desa Giethoorn dimana tidak ada jalan kendaraan yang tersedia, dan rumah-rumah penduduk tidak dilengkapi dengan garasi mobil, tapi β€˜garasi’ perahu.

giethoorn6-wm

giethoorn4-wm

Saat ini, Giethoorn lebih terlihat sebagai desa yang turistik saking banyaknya turis yang berkunjung disini. Jadi jangan heran jika melihat beberapa informasi harga yang ditulis secara TRIlingual; dalam bahasa Belanda, bahasa Inggris, dan bahasa Cina hehe… πŸ˜‰

Jika anda bosan dengan gemerlapnya Amsterdam, kebisingan Rotterdam, atau keamisan Volendam (hihihi ^____*),Β Giethoorn merupakan alternatif lain destinasi selama kunjungan anda di Belanda. Tapi tentu saja sebagai sebuah desa yang tenang, tidak banyak yang bisa ditawarkan oleh Giethoorn selain atraksi air. Di Giethoorn anda bisa mengendarai perahu sendiri (tanpa bantuan staf) dengan harga yang cukup murah, 15euro/jam. Selain itu tersedia juga kano, windsurfing, dll (Lengkapnya, silahkan kunjungi website Giethoorn).

Walau ambiens kota ini terasa turistik, namun rumah-rumah penduduk disana masih benar-benar merupakan tempat kediaman mereka. Jadi saya ingatkan, jangan sembarangan masuk ke pekarangannya kalau tidak ingin mendengar teriakan marah oma/opa dari dalam rumah (pengalaman pribadi hehe).

giethoorn1-wm

So, jika ingin merasakan suasana khas Belanda, tapi bosan dengan smelly Volendam dan Zaanse Schaan yang begitu-begitu saja, cobalah kunjungi Giethoorn….

Psstt…jangan segan makan di restoran di Giethoorn… Harga makanan cukup masuk akal, dan walau bukan makanan tipikal, tapi beneran enak!! πŸ™‚

Happy traveling!!

[Koleksi lengkap foto-foto Giethoorn, silahkan intip disini].

[deBagpacker]

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s