Tradisi Olibolen di Belanda

Sudah menjadi tradisi di setiap rumah di Belanda untuk menyediakan Olibolen pada malam pergantian tahun.

Sejarahnya, roti bundar atau Oliebol ini pertama kali dimakan oleh orang-orang berdarah Jerman yang ada di Belanda (Teteeup yaaa…. Tidak ada yang aseli di Belanda kecuali stampot hahahaa….). Konon, the legend had it, dewi khayangan bernama Bertha (atau Perchta dalam bahasa asli) datang bersama roh setan-setan untuk mencari makanan di perut manusia. Satu-satunya cara selamat dari ‘pembantaian’ Bertha adalah dengan sebanyak-banyaknya makan Oliebollen… Oh my … ^____*

Olibolen-v1

Olibolen merupakan penganan goreng yang terbuat dari tepung, telur, susu, dan ragi. Penyajian terbaiknya adalah dengan taburan gula halus. Semakin modern, oliebollen pun makin bervariasi isinya; dengan kismis, coklat chips, dan lain-lain. Tidak jarang di malam tahun baru olibolen dihidangkan bersama appelbeignets (gorengan olibolen dengan irisan apel didalamnya).

Sudah tiga tahun berturut-turut kami membeli olibolen di malam tahun baru. Bukan karena doyan, tapi semata-mata karena amal. Kolega  suami setiap akhir tahun menjual olibolen di rumah mereka, dijajakan via email, yang hasilnya sepenuhnya ditujukan untuk goede doel alias amal. Malam tahun baru kemarin, mereka sekeluarga berhasil menjual kurang lebih 5000 olibolen, dengan pendapatan bersih untuk amal sekitar 2400 euro. Luar biasa ya….

Mumpung masih suasana tahun baru, saya juga tak lupa mengucapkan Selamat Tahun Baru 2014. Semoga perjalanan hidup tahun 2014 dipenuhi dengan hal-hal baik, bagi anda dan keluarga ……

Patricia | deBagpacker

newyeargreet-v1

[Tulisan tentang olibolen sudah pernah saya posting di blog jadul saya, yang telah lama di bebastugaskan ;)]

Advertisements

21 Comments Add yours

  1. chris13jkt says:

    Wah menarik juga ceritanya. Ngomong-ngomong, tiap kali aku dengar nama Bertha koq ya yang terbayang di benakku seorang wanita tinggi besar dan galak. Yang berkaitan dengan cerita olibolen ini Bertha-nya juga begitu apa gak ya? 🙂
    Selamat Tahun Baru, Patricia. Sorry sedikit terlambat nih 😛

    1. PatriCia says:

      Hahaha… waduh jgn2 yg baca tulisan ini ada nama Bertha lagi hahhaaa…. anw, Selamat Tahun Baru juga yaa… maaf telat jawabnya hehe… ^_____^

  2. rintadita says:

    ini mirip poffertjes gitu kah mba? jadi laper 😀

    1. PatriCia says:

      Olibolen mirip roti goreng mnrtku. kalo poffertjes versi mini dari panekuk…

  3. windapontoh says:

    Hebat banget kolega itu, bisa ngehasilin sampe 2400 euro.
    Dan lebih hebat lagi semua buat amal. Aaah baik banget 🙂 🙂

    1. PatriCia says:

      Iya emang orangnya baik banget sekeluarga… Kita berdua juga kan..?? hehehe… ^_____^

  4. Feº A says:

    hehee…keluarga mba sampai sekarang masih wajib tahun baruan ada olibolen lho …kayaknya di Indo sudah jarang yang tahu tradisi peninggalan jaman belanda ini..

    1. PatriCia says:

      ooo klrga mba Fe ada yg Belanda ya?? aku baru tau klo di Indo ada juga yg praktekin tradisi ini… *jempol*

  5. Kalau aku paling suka apelbolen mba. 🙂

    1. PatriCia says:

      aahhh..tetap enakan bacang, arem2, en tahu isi… *apaa cobaa….* hehehheee…. ^______^

      1. oi iyaaa yg pastiiii! paling enak itu klo gorengan itu bakwan. Oliebolen digoreng kan yah? (^o^)

      2. PatriCia says:

        iya digoreng…trus disajiin pake cabe rawit.. oh maap, itu tahu isi…heheheee… *tetoootttt* ^_____^

      3. klo tinggal di belanda sih enak cari bahan tahu isi gampang.. di inggris tahunya, tahu china atau jepang.. 😦 yam.. jadi ngiler tahuuu.

      4. PatriCia says:

        nanti yaa kalo kami kesana tak bawain tahu dari sini hahahahaaaa……. ^____*

  6. Halim Santoso says:

    Ulasan tentang Eropa-nya banyak banget en detil 🙂
    Seneng bisa nyasar di sini… Salam kenal dari Solo hehe

    1. PatriCia says:

      Hai Halim…. makasih udah jauh2 nyasar kesini hehehe…. salam balik dari Belanda ^____^

  7. shintadaniel says:

    haduuuuh salah besar deh baca cerita ini, jadi pengeeeen Olibolen.. dulu waktu budeku masih tinggal di Jakarta, biasanya beliau yg suka bikinin olibolen kalau NYE di rumahnya.. sekarang beliau uda balik lg ke Belanda ikut suaminya, ga ada yg bikinin lagi deeh.. huhuhuhu… aku suka Olibolen sama Kroket super gede apa ya tuuh pernah beli di supermarket di ams waktu jalan2 kesana…..

    1. PatriCia says:

      ooo omamu disini ya..? tinggal di kota apa?? iya olibolen emang cukup enak. tapi aku lebih seneng poffertjes yg dimakan pake taburan gula halus en mentega blue band kiriman ortu hahahahaaa teteeppp ya ujung2nya selera nusantara wkwkwkwkwkk….. btw, kpn main ke belanda lagi…? jgn lupa mampir yaaa ^____^

      1. shintadaniel says:

        Bude dan sepupuku tinggal di amsterdam cuma nama daerahnya gatau apa. Temenku jg ada yg di Utrech..

      2. PatriCia says:

        ams en utrecht termasuk kota besar… kalo aku mah tinggalnya di deso.. hahaha… ^____^

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s