Hatiku Tertinggal di Budapest

Budapest adalah kota yang penuh kejutan. Semakin lama kau disana semakin kau jatuh cinta padanya…

Awalnya, saya tak punya bayangan seperti apa Budapest itu. Ketika saya menulis status bahwa saya akan berlibur ke Budapest, beberapa teman dan anggota keluarga melontarkan pertanyaan yang sama: “Budapest itu dimana?” hahaha…. Jangankan mereka. Sayapun tahu Budapest ketika sudah menetap di Belanda. Kasihan banget ya haha… Maklum, jaman SMA dulu geografi saya nilainya 7. Itupun rasanya saya peroleh hanya karena pengasihan guru yang baik hati (plus fakta bahwa saya adalah anak yang baik, tidak sombong, dan gemar menabung halaahhh hahahaa…).

Ekspektasi saya sebelum mengunjungi Budapest tak besar. Maklum, kepergian kami kesana adalah sebagai hadiah ulang tahun saya untuk ayah NayLa. Tentu saja sebagai seorang IRT berpenghasilan pas-pasan, satu-satunya keinginan saya adalah mengajak keluarga berlibur ke suatu tempat yang indah dan menyenangkan, tapi dengan anggaran terbatas. Dan Budapest menjadi pilihan, karena kota tersebut dikenal sebagai kota dengan biaya tinggal yang cukup murah di Eropa.

IMG_2848edit
Pemandangan Budapest, diambil dari Buda Castle

Nama Budapest merupakan persatuan nama dua kota yaitu Buda dan Pest, yang dipisahkan oleh sungai Danube (atau Duna dalam bahasa Hungaria) dan disatukan oleh jembatan rantai, atau Chain Bridge. Perbedaan paling mencolok dari dua kota ini terletak pada topografinya; Buda berbentuk bukit atau dataran tinggi, sedangkan Pest merupakan dataran rendah/datar. Karakter masing-masing kota juga berbeda; Pest sangat modern dan hidup, sedangkan Buda lebih terlihat tradisional dan sedikit suram (hanya pendapat saya). Perbedaan itulah letak keunikan Budapest. Kejayaan bangsa masa lampau, tercermin dari arsitektur yang megah dan menawan. Kekhasan masa lalu, beradu dengan semangat mengejar masa kini, membuat Budapest menjadi salah satu kota di Eropa yang menarik untuk disibak ceritanya. Fakta bahwa kota ini belum termasuk kota utama destinasi liburan di Eropa merupakan sebuah nilai plus, karena membuat kita bisa dengan nyaman dan lapang menikmati kota ini, seperti orang lokal.

IMG_0362edit

IMG_3152edit
Menuju St. Stephen’s Basilica

Memandang Buda dari Pest, atau menikmati Pest dari Buda, comparable keindahannya … Apalagi ketika matahari mulai turun dan satu dua kerlipan lampu mulai menyala di sana sini. Aaahhhhh cantiknya…..

Suatu malam lidah saya tiba-tiba menjerit minta nasi, padahal kami baru saja selesai dinner di sebuah restoran terkenal disana, hasil rekomendasi resepsionis hotel. Begitu lama ditunggu si ayah tak datang-datang, padahal saya tahu ada restoran Cina dan Korea persis di belakang hotel. Ternyata, si ayah terhipnotis kecantikan Budapest di waktu malam. Disisirnya pinggir sungai Danube, dinikmatinya kecantikan malam kota itu selangkah demi selangkah… Walau pada akhirnya pulang tak membawa apa-apa, tapi dia membawa segaris senyum lebar, sebuah helaan nafas, dan sepenggal pernyataan, “It’s just beautiful……” Aahhhh…. ^_____^

IMG_2861edit
Pemandangan kota Pest dari puncak Buda
IMG_3469edit
Kerlap kerlip kota Buda, dari Pest

Bagi saya dan keluarga, Budapest masuk dalam daftar kota tercantik di Eropa versi kami. Anda tentu bisa tidak setuju dengan kami ;). Yang pasti, kami berniat kesana lagi satu waktu nanti… Entah kapan, tapi ada tekad bahwa harus pergi lagi. Karena hati kami sudah tertinggal di Budapest …….. ^_____^

IMG_0429

Foto Budapest lengkap, bisa dilihat disini.

bagpacker-cremenavy

Advertisements

5 Comments Add yours

  1. Messa says:

    Oh, penjelasan Budapest di postingan ini toh 😀 terjawab sudah 🙂 Sungai nya cakep kalau malam ya.. Berasa romantis 😀

    1. PatriCia says:

      Iya bener romantis bgt… Cocok buat bulan madu deh… daripada ke Paris yang udah super sumpek … ^_____^

  2. makasih infonya mas, bisa jadi tujuan buat mengisi hari libur nih haha

    1. Terima kasih atas kunjungannya yaa…. Btw, saya bukan mas hehehe….

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s