Tentang Pasar Besar dan Cinderamata Budapest

Seperti yang saya sebut di tulisan sebelumnya, salah satu alasan memilih Budapest sebagai kota liburan kami adalah karena di kota ini segala sesuatu masih cukup affordable. Bukan karena lemahnya nilai Forrint, tapi karena memang di Budapest biaya hidup masih tergolong murah.

Salah satu hal spesial yang saya suka dari Budapest adalah pasar. Baik pasar besar maupun kecil, baik pasar tetap maupun  dadakan, baik pasar yang buka setiap hari maupun yang buka sekali seminggu, semua ada di Budapest. Saya jadi terbayang-bayang kampung halaman, dimana pasar ada dimana-mana.

Mungkin kami termasuk pasutri yang aneh, karena kami sangat senang dengan pasar. Tapi jangan salah, bukan karena gemar belanja, tapi karena gemar mencari makanan murah hahaha… ^____*

IMG_3198edit

IMG_3195edit

IMG_3191edit

IMG_3187edit

IMG_3185edit

Dari beberapa pasar yang ada di Budapest, yang paling terkenal adalah pasar besar alias Great Market Hall. Saking terkenalnya, pasar ini termasuk dalam salah satu spot wisata wajib bagi turis yang berplesiran ke Budapest. Pasar ini terletak di dalam sebuah gedung berarsitektur menarik. Jika tak tahu, saya pasti dengan mudah tertipu mengira gedung itu gereja atau salah satu gedung kuno peninggalan bersejarah.

IMG_3531edit

Pasar ini tak berbeda jauh dengan pasar yang ada di tanah air; menjual segala macam bahan pangan, mulai dari daging hingga bumbu, lalu segala macam bahan sandang seperti baju dan tas kulit, hingga pojokan makanan murah. Pasar ini menjadi seperti magnet yang menarik banyak turis, karena di pasar ini kita bisa menikmati segala sesuatu seperti penduduk lokal; baik dari citarasa setiap masakan, harga barang yang dijual, hingga tingkah polah penduduk yang membeli dan berjual.

Setelah mengintip beberapa toko souvenir dan mampir di dua pasar dadakan, saya dapati bahwa membeli souvenir Budapest paling murah yaaa di pasar besar ini. Bisa dua kali lipat beda harganya dengan harga di spot wisata utama. Souvenir khas Budapest bermacam-macam. Dari yang standar seperti gantungan kunci, magnet kulkas, pin baju, ornamen rumah, hingga yang agak spesial seperti ukiran dan bordiran khas Hungaria. Dan tentu saja yang tak boleh terlupakan; paprika !!!

Tips:

Membeli paprika bisa di booth mana saja. Ketika masuk pintu utama Great Markets, mata kita langsung silau dengan booth paprika di kiri dan kanan. Tapi saya bilang, jangan langsung kalap membeli. Berjalanlah sampai booth paling belakang. Karena di pasar besar, semakin ke belakang harga semakin murah. Tapi mungkin anda lalu menimpali saya, “Aahhh….cuma beda beberapa sen ini….” Hehehehee…. 😉

IMG_3536edit

IMG_3539edit

IMG_3541edit

IMG_3544edit

IMG_3547edit

IMG_3550edit

IMG_3553edit

IMG_3560edit

IMG_3563edit

IMG_3564edit

bagpacker-cremenavy

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Messa says:

    Bersih banget pasarnya 😀

    1. PatriCia says:

      iyaa krn disitu ga jualan ikan.. kan biasanya yg bikin pasar jadi amis en kotor krn dagangan ikan… pasar ikan ada lagi ditempat laen…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s