La Alhambra, Granada

Nama La Alhambra, atau the Alhambra, diambil dari bahasa Arab yaitu al-qala’a al-hamra yang artinya istana merah. Kompleks La Alhambra terdiri dari tiga bagian utama; Istana Nasrid, taman Generalife, dan benteng Alcazaba. Sejak dinasti Nasrid dipukul kalah oleh monarki Katolik, maka dibangunlah Istana Charles V (Palace of Charles V) di dalam Alhambra, yang kemudian sekarang difungsikan sebagai museum.

alhambra18

Pada tahun 1984 Alhambra dan Generalife ditetapkan oleh badan dunia UNESCO sebagai situs dunia yang dilestarikan. Sangat pantas memang tempat ini dilestarikan dan dipertahankan, karena tempat ini benar-benar menakjubkan.

Saya bukan seorang Muslim. Tapi saya sangat menikmati kunjungan ke Alhambra. Saya tak habis pikir, beratus-ratus tahun yang lalu sekelompok orang mampu membangun sebuah istana dan taman yang begitu luar biasa seperti ini. Presisi dalam menempatkan pola mozaik, pemilihan kombinasi warna yang tepat, penempatan jendela untuk sebuah penerangan yang natural, bahkan pengaturan saluran air yang sanggup mengaliri seluruh areal taman, bukanlah suatu pekerjaan yang mudah.

Nasrid Palace

Setiap hari, pengunjung yang masuk di Alhambra dibatasi jumlahnya. Apalagi pengunjung istana Nasrid. Hal paling penting harus diingat jika berkunjung kesini adalah jam masuk istana Nasrid yang tertera di tiket. Datang terlambat, anda sama sekali tidak diijinkan masuk.

tiketalhambra

Saya yakin bagi umat Islam, memasuki istana ini seperti memasuki sebuah masjid agung. Kaligrafi dalam bahasa Arab ‘Wa la ghaliba illa Allah’ (Tidak ada yang penakluk yang lain selain Allah), terukir di hampir seluruh bagian istana.

alhambra3

alhambra2

Alhambra bukan hanya menarik minat para turis, para penggemar fotografi, para arsitek, para pujangga sastra, tapi bahkan menarik minat para matematikawan. Mereka berpendapat bahwa faktor ratio dalam matematika berperan penting dalam ketepatan penempatan pola dari lantai paling bawah hingga atap paling atas. Memang jika melihat istana ini, tampak jelas aplikasi dari presisi dan proporsi yang sungguh tidak mudah. Alhambra merupakan contoh yang tepat, dimana matematika dan estetika berpadu.

Court of the Myrtles, Throne Room, Court of the Lions, dan Partal Palace, merupakan beberapa contoh ruangan dan bangunan dimana kemutakhiran penerapan bentuk yang simetris dan proporsional dapat dilihat. Maaf kalau pengkalimatan saya agak tidak tepat. Maklum, saya bukan seorang ahli matematika. Saya hanya ibu rumah tangga biasa berlatar belakang pendidikan ekonomi hehe… Yang jelas, istana ini begitu mengagumkan. Simpel dalam pandangan, tapi rumit dalam pengerjaan.

alhambra7
Court of the Myrtles (Patio de Arrayanes)
throneroom
Throne Room (Salon de Embajadores)
alhambra9
Court of the Lions (Patio de los Leones)
alhambra16
Partal Palace (Palacio del Partal)

Sebagai seorang awam dalam hal arsitektur, saya sangat terkagum-kagum ketika masuk Hall of the Abencerrajes. Langit ruangan ini berbentuk kubah dengan ornamen yang spektakuler. Ruangan ini seakan menjadi bukti betapa pembangunan istana ini bukan dikerjakan dengan kemampuan yang biasa-biasa.

alhambra10
Hall of the Abencerrajes (Sala de los Abencerrajes)

Sebagai bentuk upaya pemeliharaan, pengunjung dilarang menyentuh dinding istana, kecuali pada bagian contoh yang sudah disediakan. Apparently, suhu badan, kelembaban tangan, dan aroma dapat mempengaruhi daya tahan material bangunan istana.

contoh

The Generalife

Generalife adalah taman di dalam kompleks istana Nasrid. Taman ini dianggap mendekati penggambaran surga menurut deskripsi Al Quran, sehingga dinamakan Generalife (dibaca: generalifé, bukan jeneralaif), berasal dari Jannat al Arif, yang artinya taman surga yang megah. Kekhasan taman ini, selain penuh dengan bunga berwarna-warni, adalah kolam kecil dan air mancur hampir di setiap bagian taman.

generalife2

Berada di taman ini saya lalu membayangkan di salah satu patio, duduk manis sultan dan selir-selirnya, menikmati terpaan angin musim panas yang menyejukkan, sambil mendengar permainan harmonis gambus dan kecapi dari para pemusik istana, yang suaranya kerap beradu dengan suara gemericik air mancur dari kolam dekat situ. Ahhhh…. what a life….

generalife1

generalife3

Alcazaba

Alcazaba merupakan reruntuhan benteng prajurit Moor. Berlokasi di sisi bukit, dari benteng ini terbentang pemandangan lepas distrik Albayzin, kota Granada, dan pegunungan Sierra Nevada.

alcazaba

Tips:

Sesuai informasi banyak website, sebaiknya tiket masuk ke Alhambra dibeli jauh-jauh hari via internet. Tapi toh jika tidak sempat, datang saja pagi-pagi sekali di Alhambra dan ikut antri di depan loket. Karena ini trip dadakan kami ke Andalusia, kami tak sempat membeli tiket secara online. Tapi yang jelas, asal datang pagi-pagi benar (supaya berada di antrian terdepan, tentu saja), anda dijamin pasti mendapat tiket. Worst case, jika semua jalan tertutup dan anda begitu ingin masuk Alhambra, beli saja Granada City Pass. Akses menggunakan kartu tersebut bukan hanya berlaku untuk transportasi, tapi juga untuk museum, termasuk didalamnya the Alhambra. Tapi tentu saja it comes with some costs. Granada City Pass harganya hampir tiga kali lipat harga tiket Alhambra normal.

Kunjungan ke Alhambra dibuka dalam tiga bagian:

1. Daytime visit, atau kunjungan siang hari, dibuka dari jam 8.30 sampai 18.00 setiap hari.

2. Evening Visit to Nasrid Palaces, atau kunjungan petang ke istana Nasrid, dari jam 20.00 sampai 21.30.

3. Evening visit to Generalife Gardens and Palace, atau kunjungan petang ke Generalife.

Informasi dari petugas disitu, baik pada siang hari maupun di malam hari, pemandangan Alhambra sungguh cantik, khususnya untuk fotografi. Memotret malam hari bukan forte saya. Jadi kami memilih kunjungan siang hari saja. Mungkin lain kali kalau saya sudah mahir dalam berfoto, kami kembali lagi kesini untuk mengincar foto Alhambra di malam hari hehehe…

Untuk harga dan ketersediaan tiket ke Alhambra bisa dilihat di situs ini. Karena areal Alhambra sangat luas, disarankan menggunakan sepatu yang ringan dan nyaman. Jika ingin punya foto penuh gaya dengan hak tinggi berlatar Alhambra, ditenteng saja sepatunya di tas kresek hehehee… ^____*

Foto lengkap La Alhambra bisa dilihat disini.

bagpacker-cremenavy

Advertisements

10 Comments Add yours

  1. Feº A says:

    nah generalife ini mba beli bukunya,,,filosofinya air mengalir yang jadi fokus utama tata hidup..penerapannya berupa parit yang ada diseluruh bagian ruang dalam dan luar, juga air mancur itu semua tanpa mesin dan pompa..hebat ya

    1. PatriCia says:

      iya mba, konsep di Alhambra ini aku kagum banget… luar biasa ya sekian ratus thn yg lalu org mampu menghasilkan sesuatu yg luar biasa kyk ini…

  2. Swastika Nohara says:

    WHOA!! This place is breathtaking!! Kapan ya saya bisa kesana? Terakhir kali ke Spanyol cuma sempat ke Madrid, Barcelona dan Bilbao, soale waktunya sebentar dan ngejar nonton 2 football match di Madrid dan Bilbao… hmmm….

    1. PatriCia says:

      waahh aku malah belom pernah ke barca hehehee… tempat ini mmg breathtaking… my story isn’t even close to the real beauty this palace embraces… ayoo ke spanyol lagiii… ^_____^

  3. Jalan2nya sendiri? gak pake guide? kata orang itu air mancurnya yang ada singanya itu di perhitungkan dengan matematika yang akurat sehingga airnya tdk perlu dipompa.. bener gak yah? keren nih foto2ny

    1. PatriCia says:

      Iya sendiri… eh ga sendiri deng, sama suami en krucil hahahaaa….^___*
      kmrn itu pengen nyewa audio guidenya. tapi ga mungkin bgt, secara krucil msh sering nagging. tapi emang bener bgt, segala sesuatu di istana ini, termasuk sistem pengairannya, pake kalkulasi matematika. kalo tertarik soal pengairannya, bisa tanya mbak Fe tuh di komen paling atas. mbak itu malah beli bukunya hehehe…..

  4. Messa says:

    keren banget mbak Pat. tapi koq nggak ada merah-merahnya ya? padahal namanya istana merah?

    1. PatriCia says:

      Iya Messa, aku juga bingung… Ini merah2nya dari mana, soalnya kesan umum istana ini warna putih gading/krem/coklat muda… Atau mungkin dulu batubatanya berwarna merah tapi udah gitu luntur krn hujan dan angin…hahhahhahaaa *mari.mengarang*

  5. shintadaniel says:

    waaaaaah kereeeeen yaa.. foto-fotonya bagus deeeh, jadi berasa ikut jalan-jalan jugaa….

    1. PatriCia says:

      wahh… makasih yaaa buat pujiannya… jadi malu nih, abisnya masih amatir bgt di dunia poto2 hehehee… ^_____^

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s