Kota Natal Valkenburg – part 2

Karena Natal sudah berlalu dan tak ada lagi pasar natal yang buka, maka di hari berikutnya ke Valkenburg, tidak ada opsi lain  bagi kami selain mengunjungi pameran kisah Natal dalam bentuk patung pahat di goa Wilhelmina dan goa MergelRijk. Event tersebut dinamakan Magisch Zand Kerststal dan Kerst in MergelRijk.

Kedua event itu, walaupun sama-sama mengandalkan patung-patung pahat, namun agak berbeda dalam tema. Patung pahat di Magisch Zand Kerststal sepenuhnya berisikan cerita-cerita nativity atau kelahiran Yesus. Sedangkan patung pahat di MergelRijk temanya umum, mulai dari kisah natal hingga ke kehidupan kota Valkenburg pada jaman dahulu.

Magisch Zand Kerststal

Hebatnya, Magisch Zand di atas dikerjakan oleh ‘hanya’ 14 orang ahli pahat, atau disebut kunstenaar disini, selama kurang lebih tiga bulan saja. Saya mengekspresikan kekaguman saya ketika staf goa menyampaikan ini pada kami. Di luar dugaan, dia memberikan ekspresi yang biasa saja sambil berkata, “Ze zijn toch kunstenaar”… Memang merupakan hal yang seharusnya jika seorang ahli menghasilkan mahakarya hehehe….

Di MergelRijk, saya tidak sempat bertanya berapa banyak ahli patung yang terlibat. Tapi saya berasumsi pasti lebih dari 14 karena areanya lebih besar. Kata petugas, pengerjaan patung disana dibagi dalam beberapa proyek menurut seksi atau bagian cerita. Misalnya cerita natal atau nativity, satu orang ahli patung mengerjakan satu patung selama satu minggu.

IMG_3864ed
Kisah Natal (Nativity) dalam bentuk patung pahat di MergelRijk

Proyek pembuatan kastil, dikerjakan selama 240 jam oleh satu orang saja.

Kastil dalam bentuk patung pasir MergelRijk
Kastil dalam bentuk patung pahat MergelRijk

Bagian lain yang menurut saya tidak kalah sophisticated pengerjaannya adalah replika lukisan the Night Watch karya Rembrandt.

The Night Watch
The Night Watch

Bila ingin mencoba betapa sulitnya memahat batu kapur, ada satu bagian ruangan bernama Grottenatelier dimana pengunjung bisa menggunakan batu kapur disitu untuk dipahat apa saja, dan hasilnya boleh dibawa pulang sebagai oleh-oleh MergelRijk.

Salah satu hal yang sangat kami nikmati di MergelRijk adalah menonton film dokumenter tentang Zandtovenaar (penyihir pasir) Gert van der Vijver dengan karyanya lukisan pasir.

Saya tahu ini adalah postingan yang terlalu terlambat, namun anggaplah ini sebagai friendly suggestion to put on your 2015 agenda, jika natal nanti bosan dengan pasar natal, anda punya opsi lain mengisi libur natal dengan keluarga; Magisch Zand Kerststal dan Kerst in MergelRijk …..

Advertisements

2 Comments Add yours

    1. Iyaa dek, memang cantik tempatnya… 🙂

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s