Fun Phoneography

Saya sedang tergila-gila berfoto dengan telefon genggam. Sepertinya apapun yang ada di depan mata ingin saya buatkan fotonya… Terpaksa saya patahkan janji dalam hati yang dibuat beberapa waktu laluย sebagai resolusi tahun baru, bahwa sayaย tidak akan setiap waktu menggenggam telefon pintar. Kenyataan membuktikan, kemanapun saya pergi telefon itu dalam genggaman. Sebentar-sebentar, saya jepret kiri dan kanan…. Benar-benar seperti anak kecil yang baru dikadokan sebuah mainan impian…. Norak sekali nampaknya…. ๐Ÿ˜‰

Akhir-akhir ini fotografi sedang begitu booming. Lihatย saja, hampir semua orang memiliki kamera DSLR, atau setidaknya kamera saku yang kapasitasnya setara dengan kamera DSLR. Bahkan telefon genggam pun diperlengkapiย dengan kapasitas dan features yang tak kalah canggihnya.ย Tampaknya kedahsyatan teknologi mencoba membawa fotografi level foto-diri alias selfie, pada level (narsisme) yang lebih tinggi ๐Ÿ˜‰

Dengan semakin maraknya telefon genggam yang dilengkapi kamera canggih, yang memudahkan orang untuk mengambil kodak-momen dimanapun dan kapanpun, dunia fotografi menurut saya sedikit mengalami pergeseran dari era foto berkualitas dengan teknik pengambilan gambar yang luar biasa, menuju pada era foto teknik biasa-biasa namun penuh kenangan. Menurut saya, kecenderungan minat orang akhir-akhir ini adalah mengabadikan momen cantik bersama keluarga dan/atau temanย dengan kamera genggam daripada beramai-ramai datang ke studio foto milik seorang fotografer terkenal untuk sebuah foto kolektif yang berkualitas *hanya sebuah pendapat yang belum teruji kebenarannya*

Mungkin kalian tidak sependapat dengan saya, tapi saya tak yakin 10 tahun mendatang studio foto masih eksis. Yang pasti, mediaย seperti FB dan IG masih akan eksis menjadi galeri maya tempat menampung karya-karya yang sebagian besar dihasilkan dari kamera telefon genggam.

Apakahย dunia fotografi 10 tahun mendatang tidak akan sama lagi ?? …..Bisa jadi………..

Musim dingin di belakang rumah, Januari 2015

Yang sedang norak jejepretan dengan hape,

-Patricia-

Advertisements

20 Comments Add yours

  1. Aiko says:

    Keren banget fotonya :O
    Iya yahh kamera hp semua udah hebat-hebat banget kualitasnya. Cuma aku masi ngerasa perlu ngebawa kamera yang lebih canggih kalo pas liburan dan jalan ke tempat seru karena kebetulan emang sengaja buat ngeshoot selama disana. Kalo pake kamera hp aku sukanya yang emang sengaja mau di post ke socmed biar cepet

    1. Makasih Aiko… Kalo aku malah kebalikannya… Skrg lg pengen coba liburan yg ringkes dan free-dslr hehehe… Aku pegel2 kalo nenteng kamera berat sambil jalan2 *efek faktor u* haha…

      1. Aiko says:

        Hehe iya mbak kalo yang kamera berat aku juga mager bawanya sii soalnya ribet gitu kayaknya

  2. cerita4musim says:

    iya bener banget, DSLR udah lupa kapan terakhir pake :))

    1. Wah sampe segitunya…?? hahaha…. Berarti hapenya keren dong yaa… hehehehe…. ^_____^

      1. cerita4musim says:

        Xixixi pake mirrorless skrg kak, enteng kl dibawa2 :))

      2. Emang mirrorless itu best replacement dslr yaa… Kudu nabung dulu nih biar bisa kebeli.. kecil2 gitu cabe rawit juga harganya hahaha…. ^____*

  3. Walau pake hengpon seperti anak alay sekarang, tetap keren. Ahh pasti dingin disitu.

    1. Anak alay itu yg demen foto diri sambil manyun2in bibir kah??hahaha…. Kamu gitu juga ga?? hahahaa…. Iya emberr…dingin banget…. Makanya tiap hari pake koyo… Pengaruh faktor U :p

      1. Wkwkwk nyampe juga kesana soal alay ya. Gak ahh. Gak layak:d. Jiahh udah ada kata u. Udah tua dong :p

      2. Biar kata udah tua tapi semangat jalan2 msh muda #eeaaaaa…. :p

      3. Cemungut eaaaa :d . Hadehhh kelakuan.

  4. Messa says:

    tahun lalu aku gandrung banget motret pake iphone sampai akhirnya dia hilang ๐Ÿ˜€ dan belakangan lumayan senang juga karena dia hilang. soale kalo nggak hilang, alamat nggak bisa lepaslah itu smartphone dari tanganku mbak Pat ๐Ÿ˜€

    1. Wahhh… dapet iphone baru dong klo gitu hehehe… Trus skrg moto2nya pake apa? DSLR?? Foto2mu bagus2…
      Aduuhh, jgn sampe deh hapeku ilang dulu baru aku ‘bertobat’ hahaha… ๐Ÿ˜‰

      1. Messa says:

        pake lumix dan henpon samsung aja sekarang mbak Pat ๐Ÿ˜€

  5. bebyrischka says:

    Fotonya keren.. ๐Ÿ˜€ Memang zaman sekarang lebih enak motret dari kamera hp ya. Soalnya ngga berat.. ๐Ÿ˜€

    1. Iya bener Bebyrischka… Foto pake hape enteng ga perlu nenteng2 hehehe…. ๐Ÿ˜€

  6. denaldd says:

    Fotonya kayak cerita-cerita walt disney, Indah sekali ๐Ÿ™‚ Aku suka jepret2, tapi males kalo disuruh setting ini itu, walhasil dari dulu ya pake kamera hp *andalan sepanjang masa haha

    1. Ini foto iseng mba, pake kamera hape…. Emang enak sih ya pake hp, kemana2 tinggal kantongin… Pas kodak-momen tinggal jepret, ga perlu ribet ngatur setting hahaha…

      1. denaldd says:

        Haha betuuull. Panggil deny aja. Jangan mbak ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s