Dickens Festijn 2016

Dalam rangka memperingati Natal, setiap tempat di Eropa menggelar pasar Natal, atau Kerstmarkt, atau Christmas Market. Tapi Deventer, sebuah kota di Belanda yang berjarak sekitar 100 km dari Amsterdam, merayakannya dengan cara yang berbeda.

Dickens Festijn 2016, Deventer

Dickens Festijn (dibaca: dikens festain) atau Festival Dickens, adalah sebuah event natal tahunan kota Deventer. Festival ini digelar hanya dua hari saja, di bulan Desember, setiap tahunnya.

Dickens Festijn 2016, Deventer

Dinamakan festival Dickens karena setengah dari pusat kota Deventer disulap menjadi tempat dimana sekitar 950 orang aktor dan aktris memerankan tokoh-tokoh atau karakter-karakter dari novel-novel terkenal karya Charles Dickens, penulis novel ternama abad ke-19 berkebangsaan Inggris. Selama dua hari, yaitu tanggal 17 dan 18 Desember yang lalu, setiap karakter yang ada di novel-novel Dickens yang terkenal seperti Oliver Twist, A Christmas Carol, dan The Pickwick Papers, seperti dihidupkan kembali.

Dickens Festijn 2016, Deventer

Dalam blog ini saya pernah bercerita tentang Scrooge Festival di Arcen. Kedua memiliki tipe acara yang sama; mengemas masa lalu, menyusupkannya dalam sebuah ‘mesin waktu’ dan mengangkutnya ke masa kini. Yang membuat berbeda, Scrooge Festival terbatas pada cerita novel A Christmas Carol –baik suasana maupun karakter–, sedangkan Dickens Festival menampilkan karakter-karakter yang lebih luas dan beragam, yang diambil dari hampir semua cerita dari karya-karya terkenal meneer Dickens.

***

Tahun ini merupakan yang ke-26 kalinya festival ini digelar, dengan pengunjung tidak kurang dari 135.000 orang setiap tahunnya.

Kawasan pusat kota Deventer terbagi dalam dua bagian yaitu areal pasar Natal dan areal khusus festival Dickens. Untuk dapat menikmati festival Dickens ini tidak dipungut biaya sepeser pun, namun pengunjung harus sabar ikut antrian yang lamanya kurang lebih 1-3 jam saking banyaknya peminat.

Dickens Festijn 2016, Deventer
Panjangnya antrian dan banyaknya orang…

***

Sepanjang rute festival Dickens kita dapat menikmati bukan hanya gerak dan lagu, atau potongan-potongan dialog dari cerita novel Dickens, tapi juga dapat menikmati jajanan-jajanan khas Belanda seperti roti dengan sosis bakar, kue wafel, kentang goreng, dan jajanan-jajanan lainnya. Bahkan bagi mereka yang senang berbelanja pernak-pernik natal, dapat menyalurkan hasrat belanjanya di tempat ini.

Dickens Festijn 2016, Deventer

Dickens Festijn 2016, Deventer

food3

food2

img_4086-copy

Berbeda dengan Scrooge festival yang digelar hingga malam hari, acara Dickens festival dibatasi hanya dari jam 11 pagi sampai jam 17.30 sore. Menurut kami ini jauh lebih baik, sehingga karakter-karakter dan lakon yang mereka mainkan dapat dinikmati dengan jelas. Poin ini terlebih lagi untuk anak-anak. Pada malam hari, baik mimik maupun gaya para pelakon sudah susah untuk diperhatikan, apalagi untuk disimak.

~~~

Di salah satu bagian rute ini, terdapat sebuah pohon harapan atau wishing tree. Keanekaragaman pengunjung dapat dilihat dari tulisan permintaan-permintaan yang tergantung pada pohon harapan ini; ada yang menggunakan bahasa Inggris, Cina, Korea, bahkan Indonesia 😉 …..

still-wensboom

Menyusuri jalan kecil sepanjang rute festival Dickens seperti berjalan kembali ke masa lalu. 950 orang pelakon ini benar-benar berhasil memerankan karakter mereka dengan baik. Ada yang berakting sebagai ratu, inspektur polisi, perempuan mabuk, pembersih cerobong asap, kumpulan wanita pencuci baju, anak-anak pengemis, dan karakter-karakter lainnya.

Dickens Festijn 2016, Deventer

Untuk mendukung akting mereka, bukan hanya gaya busana yang diusahakan semirip mungkin dengan masa yang tercantum pada novel, tapi juga benda-benda tua lainnya dihadirkan untuk membantu menggambarkan suasana cerita pada jaman itu. Mulai dari kereta bayi, alat pencuci baju, hingga sepeda tua. Bahkan dihadirkan pula sekawanan domba dan beberapa ekor keledai untuk lebih menunjang suasana.

Dickens Festijn 2016, Deventer

Sebagai salah satu event yang menarik banyak turis, maka festival ini pun disponsori juga oleh pemerintah kota Deventer dan dinas pariwisata setempat.

debagpacker-signature

Advertisements

5 Comments Add yours

  1. zbethz says:

    Wah asyiknya… Secara aku penggemar Charles Dickens, musti lihat nih next time😍 Tanggalnya selalu sama kah Pat tiap tahunnya?

    1. _PatriCia_ says:

      Dirimu penggemar Dickens toh Beth..? Kudu bgt nih dtg kesini hehe… tglnya sih berubah2 tapi ttp intinya weekend di minggu ke-2 ato ke-3 Des. Kalian tinggal di Koln kan kalo ga salah? Ada Scrooge festival di Arcen, hanya satu jam setengah dari Koln. Kalo Deventer kudu nambah sejam lagi kurleb. Nah pelaksanaan dua festival ini selalu di tgl yg sama, jd jij mesti milih mau yg mana hehe… But if i were you, dickens festijn deh walo jauh hehe 🤗😊

      1. zbethz says:

        Scrooge fest itu tentang apa Pat?

      2. _PatriCia_ says:

        Scrooge fest is all about novel A Christmas Carol nya Dickens, Beth…

  2. ajheris says:

    Sukaaaaaaaaaa . Aku paling suka berada di acara kaya gini. Sayang di swedia tak ada😟

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s